Presiden Bakal Buka Acara Baralek Gadang

Masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) akan menyelenggarakan iven akbar bertajuk “Rang Minang Baralek Gadang” yang dipusatkan di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, direncanakan 19 Desember mendatang. Acara yang melibatkan seluruh tokoh dan komponen masyarakat Sumbar di tingkat nasional sampai nagari itu, menurut rencana akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia (RI).
Ketua Panitia Pelaksana Acara Syaharman Zanhar, menuturkan kegiatan Rang Minang Baralek Gadang ini tidak hanya satu tempat Koto Gadang saja tetapi juga disebar di tujuh tempat di daerah Provinsi Sumbar. Pihaknya juga sudah melakukan survei terhadap lokasi yang akan dijadikan lokasi acara yang bakal dihadiri 1.500 undangan dari ranah dan rantau serta ribuan masyarakat Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi serta wisatawan asing.

Pada iven tersebut, ungkap Syaharman, diselenggarakan 15 agenda kegiatan. Kegiatan tersebut dibagi dalam tujuh kelompok besar di tujuh tempat di daerah Provinsi Sumbar. Di antaranya Kongres I Rang Minang, Musyawarah Duduak Barapak, launching Padang TV dan Padang Today (Grup Padang Ekspres), peluncuran Nagari Cyber, Manggulai 1001 Itiak Hijau, Cerdas Cermat Tingkat SMA, Lomba Debat antar Mahasiswa, Pameran dan Promosi Produk Nagari serta Bursa Tenaga Kerja.

Ketua Umum Rang Minang Baralek Gadang yang juga Ketua DPRD Sumbar Leonardy Harmainy menyebutkan kegiatan kerakyatan dalam rangka 100 tahun Kebangkitan Nasional ini merupakan gagasan besar yang perlu didukung secara penuh oleh masyarakat Sumbar. Pada acara ini yang tampil adalah rakyat bersama DPRD dan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota didukung stakeholders serta komponen ranah dan rantau.

“Yang baralek gadang ini rakyat. Acara ini sebuah iven besar dan tidak ada provinsi lain yang melaksanakan iven dalam rangka Kebangkitan Nasional ini. Di samping itu, yang perlu saya tekankan iven ini tidak ada unsur politik dan ini murni yang baralek gadang adalah rakyat,” tutur Leonardy seraya mengatakan dirinya mendukung penuh iven Rang Minang Baralek Gadang ini.

Leonardy mengatakan pentingnya kegiatan ini dijadikan momentum kebangkitan pendidikan dan pemuda Sumbar, yang sejak abad ke-19 sudah memiliki kemampuan SDM teruji. Berjuang dengan pemikiran dan pena mereka sehingga menjadi tokoh (intelektual) di tingkat nasional dan internasional.

“Jadi, tokoh-tokoh dari Sumbar tidak lahir secara tiba-tiba, tetapi mereka berjuang dengan pemikiran dan pena mereka sehingga mampu menjadi yang terbaik. Ini yang perlu kita bangkitkan kembali,” tegas Leonardy.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Pelaksana yang juga Pemimpin Umum Padang Ekspres H St Zaili Asril. Menurutnya, iven Rang Minang Baralek Gadang ini merupakan acara kerakyatan. Dimana, rakyat yang tampil pada iven tersebut sementara pemerintah hanya memfasilitasi saja.

“Melalui momen 100 tahun kebangkitan nasional dan iven Rang Minang Baralek Gadang ini, mari secara bersama-sama perbarui semangat dalam membangun daerah secara bersama-sama menuju ke arah yang lebih baik,” kata St Zaili Asril yang juga Kepala Divre Riau Pos Grup Padang. (ril/padek)

Iklan

Satu pemikiran pada “Presiden Bakal Buka Acara Baralek Gadang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s