Dua Wartawan Padek Group Juara Lomba

Padang, Padek—Dua wartawan Padang Ekspres Group berhasil meraih juara dalam sayembara penulisan artikel tingkat wartawan se-Sumbar 2009. Selain memperoleh piagam penghargaan, masing-masing pemenang lomba dalam rangka kegiatan bulan bahasa dan sastra Balai Bahasa Padang ini juga memperoleh piala dan uang tunai.
Kedua wartawan Padek Group itu, yakni Rommi Delfiano (Redaktur Padang Ekspres) keluar sebagai juara I dan Firdaus (Wakil General Manager dan Manager Program Padang TV) juara II. Selanjutnya diikuti dua wartawan Harian Singgalang, masing-masing Hendri Nova dan Gusnaldi Saman.
Kemarin, Kepala Balai Bahasa Padang Syamsarul menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba di Kantor Balai Bahasa Padang, Pauh, Padang. ”Kita sengaja melaksanakan perlombaan ini sebagai upaya untuk mendorong kesadaran menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam media massa,” kata Syamsarul.
Penentuan pemenang sendiri, tambahnya, sudah melalui seleksi secara ketat terhadap artikel yang masuk ke panitia. Selain melibatkan juri dari internal Balai Bahasa, juga pihak independen. Masing-masing peserta sendiri diharuskan mengirim dua tulisan, tulisan yang sudah dipublikasikan dan satunya lagi belum dipublikasikan.
Dalam kesempatan itu, juga diserahkan hadiah kepada pemenang lomba mendongeng guru PAUD dan TK se-Kota Padang, lomba puisi siswa SLTA se-Padang. Sedangkan anugrah sastra diberikan kepada sastrawan Iyut Fitra. Pria kelahiran Payakumbuh ini dinilai memiliki kontribusi besar dalam memelihara dan mengembangkan sastra di Sumbar.
”Tahun ini perlombaan lebih banyak pada masalah kesastraan. Pasalnya, ini kita nilai penting karena menyangkut penerapan penggunaan bahasa di lingkungan masyarakat,” kata Syamsarul. Sedianya, perlombaan ini akan dilaksanakan di tahun berikutnya. (ril)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s