Hadirkan Revolusi Pertama sejak 2004

Dari Test Drive All New Avanza di Sumbar 22-24 November (2)
Kehadiran All New Avanza menghadirkan sensasi tersendiri bagi perkembangan dunia otomatif di Indonesia sejak beberapa waktu belakangan. Bukan hanya sambutan publik seiring kehadiran mobil satu untuk sejuta impian ini, namun juga perubahan-perubahan radikal dihadirkan pabrikan Toyota terhadap produk terbarunya ini. Apa saja itu?
Sejak pertama varian Avanza hadir di Indonesia (sekitar 2004, red), langsung menarik perhatian masyarakat. Mobil ini mampu menggeser dominasi Kijang juga produk Toyota sebagai mobil keluarga. Saking disukai publik, mobil ini dianggap fenomenal. Orang rela antre menunggu lama, hanya untuk menikmati dan memiliki mobil dengan teknologi lebih berkembang dan ramah lingkungan tersebut.
Setelah itu, tak banyak terjadi perubahan pada varian Avanza ini. Biarpun begitu, keinginan publik memiliki mobil ini tetap tinggi. Bahkan ada semacam anggapan berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa jalanan jadi macet bukan akibat jalannya sempit. Namun, makin banyak Avanza beredar.
Anggapan itu ada benarnya juga, kita bisa menghitung sendiri di jalanan jenis mobil mana banyak on the road? Pasti, Avanza bersama variannya. Bahkan, bila digabung dengan “adiknya” Xenia, sambil tutup mata saja kita bisa menebaknya. Avanza tetap terdepan.
Lalu bagaimana sekarang? Kehadiran All New Avanza kian mengguatkan keberadaan Avanza di tengah masyarakat. Apalagi revolusi terbesar dalam dunia otomatif Indonesia dihadirkan Toyota kali ini, diyakini membuat Avanza kian jadi incaran semua kalangan, apalagi keluarga kecil yang menginginkan keyamanan. Di samping harga ditawarkan tak terlalu tinggi, juga teknologi dan perubahan mencolok di tiap varian yang ada.
 All New Avanza sendiri hadir dengan model berubah total. Kenyamanan berkendara, serta performance dijanjikan lebih baik dibanding pendahulunya karena ada sedikit perubahan spek torsi dan bobot mobil. Selain akselerasi lebih yahud, bensin pun lebih hemat.
Sedangkan harga banderol All New Avanza tipe 1.3E M/T bisa ditebus Rp 144 juta, 1.3E A/T (Rp 154,2 juta), 1.3G M/T (Rp 158 juta), 1.3 G A/T (Rp 168,6 juta), 1.5G M/T (Rp 165,3 juta), serta 1.5 Veloz (menggantikan 1.5S) dibanderol tertinggi Rp 180 juta.
Desain interior baru menghadirkan nuansa luxurious dan advance, antara lain melalui paduan dua warna interior baru pada dashboard, langit-langit dan lantai kabin kendaraan. Ruang kemudi Avanza baru mengalami perubahan signifikan, terutama desain dasbor. Bagian itu kini terlihat lebih landai, mirip sedan.
Desain kisi-kisi AC yang terletak di bagian tengah lebih lebar. Untuk menguatkan semburan AC, Toyota masih menggunakan blower tambahan yang ditempel di bagian pilar B. Khusus Veloz memiliki kemudi (steering) yang lebih stabil karena menggunakan EPS dan tilt steering serta steering switch (Veloz).
Melirik eksterior, desainnya lebih dinamis, advanced, dan modern. Perubahan tampak pada grill yang lebih manis dengan sentuhan lapisan krom. Model lampu depan mirip bumerang, tetapi lebih lebar. Bemper dan airdam juga baru.
Soal mesin, sebut senior marketing Auto 2000 Padang Hendra, masih menggunakan empat silinder, 16 V, DOHC VVT-I dengan kapasitas silinder 1.300 dan 1.500cc. Hanya saja, Avanza baru ini lebih irit sekitar tujuh persen.  “All New Avanza 1.5 liter efisiensi bahan bakar mencapai 12 km per liter. Sedangkan sebelumnya 11,2 km per liter, catatan ini naik 7,14 persen. All New Avanza 1.3 dari 11,6km per liter menjadi 12,6 km per liter,” imbuhnya.
Bicara soal sistem suspensi, All New Avanza memadukan suspensi macperson dengan coll spring plus lateral rod pada suspensi belakang. Ini bertujuan untuk meminimalkan hentakan saat melintasi jalan bebatuan yang tak rata atau pun jalan berlubang yang memberikan keseimbangan, kestabilan dan kenyamanan dalam berkendara.
Kesan nyaman ini dirasakan Aci, wartawan Haluan. “Biarpun duduk di bagian belakang, tak membuat kita terganggu oleh hentakan ketika kendaraan memasuki lubang. Beda varian sebelumnya, hentakan masih terasa. Begitu juga saat berkendara, keseimbangan All New Avanza lebih stabil,” imbuhnya yang pada berkesempatan itu mengendarai Avanza Valoz manual. (bersambung)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s