Design Walnag Padanglua Bercorak Modern

maket kantor wali nagari padangluaPadang, Padek—Satu tahapan lagi soal rencana pembangunan kantor Wali Nagari (Walnag) Padanglua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, tuntas. Seiring selesainya rencana design gambar kantor wali nagari yang nantinya akan dibangun di lokasi kantor wali nagari sekarang plus gedung TK Dahlia lama. Sesuai rencana pembangunan ini bakal menelan dana Rp 1,5 miliar.
Berdasarkan gambar yang diperoleh Padang Ekspres, kantor wali nagari Padanglua dibangun dengan arsitektur modern dengan tetap mempertahankan ciri khas Minangkabau dengan gonjongnya. Berbeda dengan gonjong rumah adat yang ada sekarang ini, gonjong kantor wali nagari berupa bingkai berbentuk gonjong.
Salah seorang panitia pembangunan kantor wali nagari Padanglua, Abdul Azis menyebutkan bahwa pihaknya gambar yang ada sekarang ini merupakan kali keduanya dibuat. Sebelumnya sudah dibuat mengadopsi bentuk gonjong rumah adat klasik, namun setelah mendapat banyak masukan akhirnya dilakukan modifikasi separti sekarang ini.
“Design gambar yang kita buat ini memang lebih mengedepankan arsitektur modern. Tapi, tentu tetap menghilangkan cirri khas Minangkabau. Banyak hal yang membuat kita men-design seperti ini, salah satunya kondisi tanah tempat pembangunan cenderung sempit. Artinya, bila dipaksakan memakai gonjong seperti biasa, kita terhukum dengan lahan,” kata pria yang sehari-hari menjadi karyawan PT Semen Padang itu.
Kendati begitu, menurut Abdul Azis, design ini belum sepenuhnya baku. Artinya, masih terbuka dilakukan modifikasi dan masukan dari berbagai kalangan. Bila semua sudah final, barulah disusun langkah selanjutnya seperti membuat rencana alokasi pembiayaan (RAB)-nya. “Mengingat sisa waktu yang ada, kita tentu berharap kesepakatan itu bisa didapatkan dalam waktu relative lebih cepat,” harapnya.
Anggota DPRD Sumbar yang juga berasal dari Padanglua, Rafdinal mengakui bahwa perlu diminta masukan semua elemen. “Kita jelas sepakat meminta masukan dari semua elemen baik yang tinggal di kampung atau rantau. Sebaiknya gambar yang ada ini dicetak di baleho dan ditempatkan di lokasi strategis, sehingga bisa didapatkan banyak masukan,” sebut Rafdinal.
Sementara salah seorang tokoh pemuda Padanglua, Eryandi Rai menyambut baik pembangunan kantor wali nagari dengan arsitektur modern.  “Kehadiran gedung berarsitektur modern ini melambangkan adanya unsur cadiak pandai di Padanglua. Apalagi pada lokasi berdekatan sudah berdiri Balerong dengan mengadopsi rumah adat Minang klasik,” sebutnya. (rdo)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s