Wakil Menteri Amerika Buka Education USA Center

wakil menteri asBandaaceh–Wakil Menteri Amerika Serikat Bidang Keamanan Sipil, Demokrasi, dan HAM (tengah) mengunjungi Banda Aceh. Kedatangan Sarah Sewall ini bertujuan membuka Education USA Center di Aceh tanggal 9 Desember 2015.
“Halo semuanya, selamat pagi ! Terima kasih Bapak Rektor Dr. Ibrahim untuk perkenalannya. Dan terima kasih kepada Bapak Gubernur Abdullah, serta para jajaran dan mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry yang telah bergabung bersama kami di pagi ini,” sapa Wakil Menteri Amerika Serikat Bidang Keamanan Sipil, Demokrasi, dan HAM, Sarah Sewall.
Ini merupakan kunjungan kedua saya ke Indonesia dan yang pertama kali ke Aceh sebagai Wakil Menteri. Senang sekali dapat berada di sini. Khususnya, karena saya mendapatkan kehormatan untuk membuka Education USA Center yang baru, yang terletak di universitas ini.
Tempat ini akan menyediakan informasi–-secara cuma-cuma-–kepada siswa dari berbagai daerah di Provinsi Aceh untuk mendapatkan informasi sehubungan kesempatan belajar di Amerika Serikat-–mulai dari siswa SMA yang ingin meneruskan studi S1, sampai mahasiswa yang ingin tahu lebih banyak tentang kesempatan belajar S2 dan S3.
Education USA Center ini juga akan menjadi sumber informasi bagi para orang tua yang mencari info untuk membantu anak-anaknya melamar sekolah dan beasiswa belajar ke Amerika. Pemerintah Propinsi Aceh juga telah mengambil bagian dalam menyediakan beasiswa untuk membantu pembiayaan belajar di Amerika.
Sebagai seorang Ibu dengan empat anak perempuan, saya paham betul betapa pusingnya – namun juga betapa berartinya – proses mencari info dan melamar ke sekolah-sekolah. Namun dengan memberikan informasi dan bimbingan pribadi dalam menjalani proses aplikasinya kepada siswa dan orang tua, pusat informasi baru ini dapat membantu lebih banyak orang Indonesia untuk belajar di institusi pendidikan tinggi dan universitas di Amerika Serikat.
Tapi belajar di Amerika tidak sekedar untuk meningkatkan karir Anda dan membahagiakan orang tua ( walaupun itu penting juga!). Belajar di Amerika adalah tentang bergulat dengan ide-ide baru, belajar bahasa baru dan berinteraksi dengan orang-orang baru dan budaya dari seluruh dunia. Dengan kata lain, belajar di Amerika membangun perspektif yang lebih global.
Perspektif global tersebut tidak hanya akan membuat Anda menjadi karyawan yang lebih baik, namun juga warga negara abad ke-21 yang lebih baik. Orang yang terbiasa hidup di beragam lingkungan, berinteraksi dengan berbagai ide dan budaya, dan mampu menghubungkan isu lokal dengan tren global, dapat lebih mampu berkembang di berbagai sektor, mulai dari bisnis ke media ke pemerintahan. Mereka dapat membangun Indonesia yang lebih kuat, lebih terbuka dan lebih makmur.
Amerika Serikat ingin membantu Anda membangun Indonesia yang lebih kuat, itu sebabnya kami membuka pusat informasi ini dan menetapkan penguatan kerjasama pendidikan antara kedua negara sebagai suatu prioritas.
Apresiasi kami, Pemerintah Amerika Serikat, terhadap pentingnya pendidikan dan pertukaran budaya sampai ke tingkat tertinggi yaitu Presiden Obama.
Seperti Anda semua ketahui, sebagai seorang anak kecil, Presiden Obama tinggal di Jakarta dan belajar di Sekolah negeri dan swasta bersama-sama dengan anak Indonesia dari berbagai latar kehidupan. Hal tersebut memberinya pengalaman mendalam akan betapa beragam dan menggetarkannya budaya di negeri ini – suatu apresiasi yang terus dibawanya hingga ke Gedung Putih
Saat ini, Presiden Obama melakukan langkah “rebalance to Asia” (penyeimbangan ulang Asia) dan melanjutkan pertemuannya baru-baru ini dengan Presiden Jokowi di Gedung Putih, mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan meningkatkan kerjasamanya dengan Indonesia menjadi sebuah Kerjasama Strategis.
Pada tahun-tahun mendatang, pertalian antara kedua negara kita akan menjadi lebih kuat. Bersama hal itu akan banyak kesempatan kerjasama baru di berbagai sektor – dari pengembangan perdagangan, mengatasi perubahan iklim dan meningkatkan kewirausahaan. Orang yang memahami kedua negara kita dengan baik, sangat tepat untuk memimpin, baik dalam bidang bisnis, media atau pemerintahan.
Dalam semangat tersebut, maka gunakanlah pusat informasi ini dengan baik dan pelajarilah lebih dari 4000 institusi pendidikan kelas dunia yang dapat menjadi tempat pilihan studi di Amerika Serikat. Kesempatan ini tidak hanya dapat  meningkatkan karir dan memperluas perspektif Anda, namun pula mempersiapkan Anda untuk pulang kembali dan membangun Indonesia yang lebih kuat.
Demikian saya sampaikan, selanjutnya saya kembalikan kepada Bapak Gubernur Zaini Abdullah. Thank you all, Terima kasih.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s