Usai Pilgub, Irwan Buka Kaba Festival

1-KABA FESTIVALPadang, Padek—Seusai memastikan memenangkan pemilihan gubernur (pilgub) Sumbar periode 2016-2021 berdasarkan hitungan cepat (quick count) dan hitungan riil (real count), calon gubernur Irwan Prayitno mulai menyegarkan pikirannya dengan menghadiri Kaba Festival #2 di Ladang Tari Nan Jombang, Balaibaru, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Jumat (11/12).
Irwan didampingi istrinya Nelvi Irwan Prayitno, juga didaulat membuka Kaba Festival #2 yang ditandai pemukulan gendang. Irwan terlihat begitu menikmati pertunjukan malam itu, salah satunya pertunjukan tari “9 Perjanjian Darah” dari Impessa Dance Company yang dikoreograferi Joni Andra.
Kaba Festival ini pertama kali diadakan tahun lalu oleh lima kelompok seni pertunjukan di Padang, yaitu Nan Jombang DC, Ranah Teater, Impressa DC, Langkok Group, dan Parewa Limo Suku. Untuk tahun ini, selain lima kelompok tersebut, Orkes Keroncong La Paloma dari Padangpanjang juga tampil.
Irwan menyebutkan, selama ini karya kesenian yang dihasilkan melalui pentas seni sesuai budaya dan pasar. Hal itu merupakan terobosan yang sangat luar biasa. ”Kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menciptakan sebuah karya yang dibutuhkan budaya dan pasar,” ujar Irwan.
kaba festival.jpgTanpa sungkan, Irwan mengakui bahwa selama ini dukungan pemda berupa materil masih minim. Namun, semua itu tak menjadi hambatan bagi para penyelenggara. Buktinya, seiring terus berjalannya iven kesenian. ”Kami jelas sangat mengapresiasi ini. Meski dukungan materil kurang dari pemda, tapi tidak menjadi hambatan untuk berkarya,” ujar Irwan.
Di sisi lain, Angga Djamar, selaku Direktur Kaba Festival mengatakan, pihaknya sudah lama berharap agar Sumbar mempunyai festival seni pertunjukan yang bermartabat, agar seniman yang terus berproses memiliki ruang yang layak untuk menampilkan karya mereka.
Sementara itu, Koreografer Nasional asal Sumbar yang juga Pembina Kaba Festival #2 Ery Mefri mengatakan, proses sebuah karya seni tidak bisa instan selesai dalam satu atau dua bulan saja. Namun, memerlukan proses panjang yang berkelanjutan selama bertahun-tahun agar karya semakin matang.
”Proses inilah yang akan menjamin kualitas sebuah karya nantinya, sehingga bisa dinikmati, serta menarik minat direktur festival dari berbagai negara,” sebut Ery. Selain Impessa Dance Company, hari pertama Kaba Festival #2 itu juga diisi penampilan Langkok Group, membawakan pertunjukan musik berjudul “Dendang Rindu dan dalam Doa Rindu Dikirimkan”.
Jika sebuah pertunjukan mampu menarik minat negara lain, Ery menyakini, tak menutup kemungkinan kelompok seni tersebut berkesempatan mendapat undangan dari negara-negara luar. ”Peluang seperti inilah yang ingin kami berikan kepada pelaku seni berbasis tradisi di Sumbar, agar kesenian dan pelaku seni Minangkabau bisa berkontribusi dalam perkembangan estetika dunia,” jelasnya.
Merujuk target inilah, Ery menekankan bahwa kualifikasi kelompok seni yang bisa tampil dalam Kabar Festival tidak sembarangan. Hanya mereka yang benar-benar serius menggarap sebuah karya dengan latihan kontiniu setiap hari selama bertahun-tahun lah yang bisa tampil.
”Kami laksanakan festival ini secara mandiri. Gedung milik sendiri, pementasan karya sendiri dengan biaya sendiri. Mudah-mudahan, Kaba Festival #2 ini akan menarik minat berbagai pihak, sehingga pada pelaksanaan Kaba Festival berikutnya bisa menghasilkan karya terbaik,” harapnya.
Ery menyakini bahwa masyarakat Sumbar mempunyai potensi yang luar biasa. Soalnya, kesenian dan budaya Minangkabau tak akan habis bila digali untuk menjadi sebuah karya. ”Kesenian tradisi Minangkabau sangat kaya, pelaku seni di Sumbar juga banyak yang memiliki potensi. Yang tidak mereka miliki adalah kesempatan untuk dilihat dan dikenal dunia. Kesempatan itulah yang ingin kita berikan,” katanya. (cr4)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s