Elegi Petani di Sentra Sayur Terbesar Sumbar Masuk Nominasi Rida Award 2015

nominator bang romiPekabaru, Padek—Setelah melalui beberapa tahapan seleksi sejak September 2015 lalu, akhirnya melalui sidang yang berlangsung alot di Pekanbaru, Senin (21/12), dewan juri menetapkan para nominator peraih Rida Award 2015 untuk lima kategori. Padang Ekspres sendiri masuk dalam dua kategori, masing-masing kategori Karya Tulis Jurnalistik Investigasi/Depth News dan Kategori Perwajahan Koran Umum.
Selain dua kategori itu, iven tahunan yang merupakan ajang kompetisi bergengsi antar-wartawan dalam lingkungan Riau Pos Group tersebut, juga memperlombakan kategori Karya Tulis Jurnalistik jenis Features/Human Interest, Karya Foto Jurnalistik, dan Perwajahan Koran Metro (selengkapnya lihat grafis).
Khusus kategori Karya Tulis Jurnalistik Investigasi/Depth News, karya dua wartawan Padang Ekspres Rommi Delfiano dan Hijrah Adi Sukrial berjudul ”Elegi Petani di Sentra Sayur Terbesar Sumbar”, masuk nominator. Tulisan bersambung di halaman depan Padang Ekspres edisi 13-16 Mei 2015 itu, terkait nasib petani yang menjual hasil panennya di Pasar Padanglua, Nagari Padanglua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Serta, Pasar Kotobaru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar.  Sedangkan Kategori Perwajahan Koran Umum, Padang Ekspres edisi Sabtu, 1 November 2014 masuk nominasi.
Rida Award 2015 ini menilai karya yang dipublikasilkan mulai 1 Juli 2014 sampai 30 Juni 2015. Tahun ini, karya yang diikutsertakan tercatat sebanyak 230 karya dari 23 media cetak di lingkungan Riau Pos Group, dari Divre Pekanbaru, Padang, Medan dan Batam. Setelah melalui seleksi di masing-masing media, ada 95 seri tulisan dari 65 karya tulis jurnalistik, 50 karya foto jurnalistik dan 85 karya perwajahan koran yang diterima panitia pelaksana.
Dari jumlah itu, setelah melalui seleksi yang cukup ketat, maka ada 10 karya tulis jurnalistik dan 10 karya foto jurnalistik yang terpilih untuk dinominasikan. Juga, tujuh karya perwajahan untuk koran umum, serta lima karya perwajahan untuk koran metro juga masuk nominasi. Dari nominator-nomitor tersebut, menurutnya Rida, nantinya dipilih masing-masing satu dari tiap kategori untuk menjadi penerima Rida Award 2015.
Panitia sudah menetapkan sejumlah aspek yang menjadi dasar penilaian. Untuk kategori karya tulis jurnalitik, penilaian meliputi aspek kualitas peliputan, aktualitas materi liputan, kedalaman liputan, kelengkapan informasi yang disajikan, dan teknik penyajian. Sedangkan untuk kategori foto jurnalistik, aspek yang dinilai adalah: Teknik fotografi, aktualitas materi, ekspresi, estetika, dan kreativitas.
”Penetapan aspek-aspek yang dinilai, dimaksudkan agar semua karya yang ditampilkan menunjukkan suatu proses kerja jurnalistik yang sungguh-sungguh, bukan kerja sambil lalu,” kata Ketua Tim Juri Rida K Liamsi, usai memimpin rapat penilaian di Pekanbaru kemarin.
Untuk aspek kualitas liputan, misalnya yang dicermati antara lain, bagaimana materi liputan itu diperoleh. Apakah wartawannya melakukan perjalanan jurnalistik yang memadai. Keluar masuk hutan, menumpang perahu dari satu kampung ke kampung lain, dan menguber berbagai sumber ke tempat-tempat yang sulit tanpa kenal lelah. ”Saya selalu menyebutnya sebagai ”liputan yang berpeluh”, bukan hanya kerja dari belakang meja, dan hanya mengandalkan liputan telepon genggam,” kata Rida.
Selain Rida K Liamsi yang juga Chairman Riau Pos Group ini, tim juri lainnya adalah Armawi KH (seniman/perupa yang  berpengalaman di bidang foto dan perwajahan koran di RPG), serta dua wartawan senior yang pernah menjabat  sebagai pemimpin redaksi pada beberapa media di  Riau Pos Group yakni Kazzaini Ks dan Amzar. Rencananya penghargaan untuk karya terbaik masing-masing kategori akan diumumkan saat acara Annual Meeting Riau Pos Group, 24 Januari 2016 mendatang. (zar/rpg)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s