Basarudin jadi Kapolda Sumbar

Brigjen Bambang Sri Herwanto jadi Direktur Program STIK
Jakarta, Padek—Mutasi besar-besaran terjadi di Mabes Polri jelang pergantian tahun. Sebanyak 282 perwira dimutasi termasuk tujuh Kapolda. Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto diangkat sebagai Direktur Program STIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian).
Mutasi ini merujuk kepada Surat Telegram/2718/XII/2015 tertanggal 31 Desember 2015 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan atas nama Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. Kursi yang ditinggalkan Bambang, diisi oleh Brigjen Pol Basarudin yang kini duduk sebagai Karo Watpres SDM Polri.
Selain Kapolda Sumbar, Kapolri juga mengganti Kapolda Sumsel Irjen Pol Iza Fadri yang digeser jadi Sahli Sospol Kapolri. Sedangkan posisi Iza diisi Irjen Pol Djoko Prastowo yang saat ini menjabat Wakabaintelkam (selengkapnya lihat grafis, red).
Sekadar diketahui sebelum menjabat Karo Watpres SDM Polri, Brigjen Pol Basarudin menjabat Wakapolda Sumut. Dalam karirnya, lulusan Akpol 1988 dan alumni SMPN 1 dan SMAN 1 Brebes, Jawa Tengah itu, juga pernah menjabat Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti berharap, ke depan jajarannya bisa meningkatkan kinerja dan performanya di tengah masyarakat. ”Itulah harapan dan permintaan untuk seluruh jajaran saya. Jadilah pengayom masyarakat yang baik, semakin melayani,” kata Badrodin di sela-sela menyaksikan acara pergantian tahun di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, kemarin (1/1).
Dia juga meminta jajarannya mau berubah sesuai berjalannya waktu. ”Polisi harus semakin maksimal dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat. Sinergitas dengan lembaga penegak hukum lain, seperti KPK dan Kejaksaan juga harus ditingkatkan dan dieratkan,” ujar dia yang akan menyelesaikan masa jabatannya sebagai Kapolri pada bulan Juni nanti.
Langkah taktis yang dilakukan Kapolri mendapat apresiasi dari Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. ”Mutasi ini merupakan perubahan besar di tubuh Polri, selain karena ada yang pensiun juga merupakan penataan komposisi personel menyongsong tahun 2016,” kata dia.
Dengan adanya komposisi baru ini, diharapkan Polri akan lebih cepat lagi melakukan perubahan dan revolusi mental. Dia menambahkan, penataan dan perubahan yang menonjol terlihat di Badan Narkotika Nasional (BNN). Sepertinya Polri dan BNN hendak berlari cepat dalam memberantas narkoba di 2016. Sebab selama ini meski pemberantasan narkoba secara agresif dilakukan, tapi peredaran narkoba di Indonesia tetap tinggi, bahkan Indonesia masuk dalam kondisi darurat narkoba.
”Ke depan, IPW berharap Polri dapat lebih serius lagi dalam melakukan pemberantasan narkoba dan mengungkap kasus-kasus korupsi. Mutasi kali ini diharapkan mampu merealisasikan agar Polri makin bekerja cepat dan agresif,” demikian Neta. (jpg)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s